TAKBIR KELILING Desa Semerak Margoyoso Pati Tanggal 5 Juni 2019 M/ 01 Syawal 1440 H

Perayaan hari raya tidak hanya dirayakan pada pagi hari saja, melainkan umat muslim dianjurkan untuk menghidupkannya sejak awal tanggal 1 Syawal. Karena telah sempurna hitungan puasanya sebulan, mereka merayakan dengan mengagungkan Tuhannya dengan cara bertakbir. Allah berfirman dalam QS Al Baqarah ayat 185:

وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَى مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُ نَ

Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu bertakwa pada Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.”

Syaikh As Sa’di rahimahullah memaparkan dalam kitab Taisir Al Karim Ar Rahman bahwa Ketika bulan itu sempurna, hendaklah bersyukur pada Allah Ta’ala karena taufik dan kemudahan bagi hamba-Nya. Syukur tersebut diwujudkan dalam bentuk takbir ketika Ramadhan itu selesai. Takbir tersebut dimulai ketika melihat hilal Syawal hingga berakhirnya khutbah Idul Fitri.

Dengan begitu jelas bahwa bertakbir dianjurkan mulai awal 1 Syawal. Bertakbir bisa dilakukan dengan berjamaah atau sendiri di kamar. Sering kita melihat orang-orang berbondong-bondong membacakann takbir dengan berjalan atau berkendara. Hal seperti itu biasa dikenal dengan takbir keliling. Takbir keliling juga merupakan  ibadah dalam rangka membaca takbir yang dilakukan bersama-sama. Pada kenyataannya takbir keliling banyak diminati anak jaman now. Dengan ajang seperti ini mereka bisa saling memberikan semangat dalam mengerjakan kebaikan.

Rasulullah menganjurkan umatnya untuk menghidupkan malam hari raya dengan memperbanyak takbir. Umat Muslim membuktikan cintanya pada sang kholiq dengan mengagungkannya sepanjang waktu. Nabi bersabda:


زينوا اعيادكم بالتكبير

“Hiasilah hari raya kalian dengan memperbanyak membaca takbir”.

Salah satu siar agama dengan takbir keliling kampung menunjukkan dan mengagungkan nikmat yang diberikan oleh Allah SWT dan merayakan Kemenangan setelah kita selesai menjalankan Puasa selama Sebulan penuh .

Berbagai Kreasi ditampilkan. Kali ini Panitia Takbir diprakarsai oleh IPNU dan IPPNU Desa Semerak yang baru dilantik pada Tanggal 29 April 2019 lalu. Dengan kerja keras dan Kegigihan mereka akhirnya takbir kelilingpun dapat dilaksanakan dengan lancar. dan tentunya tidak lepas dari kerjasama semua pihak baik dari Ketua RT Tokoh Masyarakat, Pemerintahan Desa, Pemuda Masjid dan berbagai pihak yang ikut dalam kegiatan Tersebut.

Keseruanpun dapat dirasakan meski dalam keadaan lelah setelah melaksanakan Takbir keliling, Para Pemuda dengan suka cita melaksanakan Takbir di Pendopo masjid… Semoga Para Pemuda diberi kesuksesan dan tentunya terus bersemangat dalam menjalankan kegiatan-kegiatan yang Positif. Amin

 

Aby Alfatih

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan